Tips Event Organizer

image

Meskipun Satunama Production lebih suka disebut Promotor daripada Event Organizer di Pekanbaru, tidak sedikit yang bertanya bagaimana tips membuat event seperti seminar, workshop dan training hingga bisa dihadiri sampai ribuan peserta. Tentu saja tidak mudah, dibutuhkan kerja keras, kreativitas dan ketekunan untuk menjalankan usaha sebuah EO. Berikut tips untuk Event Organizer pemula yang mudah-mudahan bisa bermanfaat

1. Miliki spesifikasi tertentu. Jika sudah ditetapkan, pelajari seluk beluknya. Di jakarta sendiri, kerap diadakan beberapa kursus singkat tentang bagaimana mengelola EO. Sedangkan di Singapura, ada sekolah khusus dengan pendidikan jurusan semacam ini.

2. Kumpulkan beberapa orang untuk membuat tim khusus. Mereka inilah nantinya yang akan mengerjakan beberapa tugas dengan bagian-bagian tersendiri.

3. Atur atau manajemeni dengan baik dan profesional.

4. Jangan takut untuk mewujudkan ide gila yang inovatif tapi bisa diterima masyarakat. Sebisa mungkin, hindari penawaran ide yang monoton. Usahakan munculkan ide tema acara yang menarik dan berbeda.

5. Tentukan segmen yang akan dibidik. Apakah masyarakat umum, ataukah kelas tertentu seperti kalangan menengah ke atas.

6. Miliki jaringan relasi sponsor. Terkadang pihak pemakai jasa EO juga telah memiliki sponsor-sponsor tertentu. Tapi tidak menutup kemungkinan, acara bisa makin sukses dengan kehadiran sponsor tambahan. Jika ini dimiliki, akan menjadi nilai plus bagi EO itu sendiri.

7. Harus bisa memanejemen emosi. Kerja EO apalagi jika makin dekat dengan hari H penyelenggaraan acara, biasanya amat rentan bersinggungan emosi antara personel EO itu sendiri. Cermati dan miliki kemampuan untuk memanajemen emosi di saat-saat seperti ini.

8. Untuk mereka yang baru terjun, utamakan kualitas dan bukan profit. Jika klien sudah membuktikan kualitas dari kerja sebuah EO, maka di kesempatan lain, EO ini pun akan digunakan lagi jasanya. Selain itu, pihak lain yang telah mendengar kelebihan EO ini pun akan bisa berkemungkinan menjadi klien baru.

9.Maksimalkan sosial media seperti twitter, BBM dan database baik database sponsor maupun database peserta event sebelumnya

10. Coba juga terjun ke kegiatan sosial

Sumber : EO Community

Sun, 6 Jan 2013 @13:13


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Satunama Production
image

Berbagi Ilmu dan Inspirasi

Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Mau Punya Website Seperti Ini?
image

Mudah, Murah, Cepat

Yahoo Messenger

Gantungan Kunci
image

Gantungan Kunci

Sekilas Satunama Production

 

Hijab Tutorial

Copyright © 2018 satunama production · All Rights Reserved