Jaya Setiabudi Punya Pabrik Pengusaha

image

Siapa yang belum kenal Jaya Setiabudi? Ribuan sudah jumlah entrepreneur yang lahir dari tangan dinginnya melalui training Entrepreneur Camp dan kampus Young Entrepreneur Academy. Sebagai pebisnis, Jaya Setiabudi terbilang tahan banting dan tangguh. Betapa tidak, meski sering ditipu dan berkali-kali bangkrut, ia tetap bergeming.

Terbiasa hanya memakai t-shirt, penampilan Jaya Setiabudi yang sering dipanggil Mas J terlihat sangat santai di berbagai kesempatan membagi ilmunya. Tak tampak tongkrongan seorang pebisnis yang kerap identik dengan balutan pakaian dan aksesoris mewah. Dalam memberikan ilmunya yang berkaitan dengan dunia bisnis, Jaya Setiabudi selalu menarik perhatian dengan gayanya yang khas. Setiap kata-katanya selalu didengarkan oleh audience dengan seksama.    

Ia selalu tampil sederhana, meski selama ini di kenal sebagai seorang penulis buku, trainer serta pengusaha yang sukses dan sering diundang untuk mengisi berbagai seminar yang berkaitan dengan bisnis. Pria lulusan Teknik Elektro Institut Teknologi Aditama Surabaya (ITATS) itu mengawali karir sebagai seorang bisnisman pada tahun 1998. Awalnya, ia sempat bekerja di Astra Microtonics Tecnology (AMT) selama setahun empat bulan. Hingga akhirnya, mengundurkan diri dan beralih untuk menjadi entrepreneur.

“Saya bekerja untuk belajar dan membangun etos kerja, makanya setelah saya sudah mendapatkannya saya pun langsung mengundurkan diri,” begitu dia sering berkata menjelaskan alasannya resign. Ia mengaku keputusannya untuk menjadi seorang pengusaha, karena terispirasi dari cita-cita ayah tercintanya yang ingin menjadi pengusaha. Mas J menceritakan, ayahnya dahulu adalah seorang karyawan swasta biasa, sampai tua ia pun bekerja banting tulang  untuk mencari nafkah.

Tak heran, ayahnya sempat berpesan kepada Jaya, ”Lebih baik kecil jadi bos daripada besar jadi kuli. Karyawan nggak kerja nggak bisa makan, bos nggak kerja tetap bisa makan,” ujar Mas J menirukan perkataan ayahnya.

Dia mengawali usaha dengan membuka bisnis di bidang industrial supply, lambat laun usahanya pun kian melebar dan mulailah ia mendirikan berbagai usaha. Antara lain PT KS Technology yang bergerak di bidang industrial automation, PT Momentum Technology (distributor spare part dan sensor), PT Momentum Entrepreneur Mindset (training entrepreneurship). PT Karya Setia Abadi (distributor oli dan konstruksi baja ringan), CV Kawan Setia Industri (pemasok food and beverage serta memiliki jaringan retail store ”The Farmer”) dan PT Momentum Retail Management (jasa konsultan bisnis retail).

Cukup banyak bidang usaha yang dikembangkannya. Namun, dia mengakui, dari setiap usaha yang dibangun tidak semuanya berlangsung sukses. Ada juga bisnis yang bangkrut atau gulung tikar, penyebabnya pun sangat beragam. Mulai dari salah menerapkan strategi pemasaran, ditipu, tersangkut hukum dan lain sebagainya.

“Mungkin ada sekitar 5 usaha yang saya geluti akhirnya gagal,” kata Mas J.             

Kendati sering tertipu dan tersandung beberapa kasus tidak mengenakkan lainnya, toh tidak membuatnya patah arang. Dirinya tetap semangat untuk menjadi seorang pengusaha tangguh dan handal. Semua itu bisa terjadi karena setiap memulai bisnis, ia sudah mempersiapkan diri untuk menjadi bangkrut.

Sehingga, secara mental dia tidak akan cepat down ketika mengalami kesulitan. “Seorang pebisnis harus bisa memotivasi dirinya sendiri, untuk bisa bangkit dari keterpurukan,” ujarnya.   

Seiring berjalannya waktu, Mas J tak lagi turun langsung dalam mengelola bisnis-bisnisnya. Ia menyerahkan seluruh bisnisnya tersebut kepada kalangan profesional dan Jaya hanya memegang saham-sahamnya saja. Nah, untuk saat ini Mas J sibuk untuk turun langsung mengajak masyarakat khususnya kaum muda untuk menjadi pengusaha.

Menurutnya, membentuk sebuah komunitas berdampak positif. Karena, dengan membentuk komunitas dan berdiri di dalamnya, Jaya mengaku bisa mendapatkan banyak keuntungan. Yakni, link bisnis yang tentunya akan berdampak luar biasa bagi dirinya. Akhirnya dia mendirikan YukBisnis.com , yang biasa dia sebut “Yubi”, yakni sebuah website yang memberikan kesempatan kepada komunitas bisnis untuk bisa saling sharing dan berjualan.        

Yubi sendiri dibentuk bulan   April 2012. Meski begitu, website ini perlahan tapi pasti menyeruak kencang di kancah bisnis Internet Indonesia. Saat ini telah terdaftar ribuan member Yubi, yang menjual beragam produk-produk dari beraneka ragam bisnis.  Tidak hanya itu, member Yubi pun sering mengadakan kopdar. Nah, dalam kegiatan kopdar tersebutlah, para anggota komunitas bisa saling sharing dan berbagi mengenai dunia bisnis dunia nyata.    

Menurut Mas J, bisnis yang menguntungkan saat ini untuk dijalankan adalah bisnis yang berbasiskan online. Karena perkembangan teknologi saat ini memungkinkan orang untuk mobile dan bisa online melalui telepon genggam dimana pun berada.

Thu, 22 Nov 2012 @17:53


2 Komentar
image

Sun, 16 Dec 2012 @13:12

tiara

good is not enought......

image

Tue, 29 Jan 2013 @08:07

trans

Om jaya setiabudi emang top markotop,. ane terinspirasi karna bukunya


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Satunama Production
image

Berbagi Ilmu dan Inspirasi

Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Mau Punya Website Seperti Ini?
image

Mudah, Murah, Cepat

Yahoo Messenger

Gantungan Kunci
image

Gantungan Kunci

Sekilas Satunama Production

 

Hijab Tutorial

Copyright © 2018 satunama production · All Rights Reserved